30

Gapapa lah ya ngeluh di blog sendiri, ini cara stress relief aku biar semakin waras lagi menjalani hidup, menulis itu salah satu stress relief aku, cara paling ampuh untuk mengurangi beban di otak, habis mau cerita sama siapa lagi, cerita ke ibu udah sering, kasian ibu aku ntar makin banyak pikiran hahaha, toh ga ada yang tau blog aku ini juga, paling cuma orang orang yang lagi stalking aku doang yang tau blog ini haha

Grateful

Cara memaknai rasa bersyukur aku seperti ini, aku berfikir ga ada kehidupan manusia yang sempurna, kecuali kehidupan rafathar & sisca kohl doang yang sempurna haha, jadi kalau ada salah satu urusan yang tidak berjalan lancar ya tidak masalah. Misal karir lu bagus dan lu good looking mungkin urusan pribadi ga lancar ya gapapa, ga semuanya bisa berjalan lancar sesuai dengan apa yang kita mau, misal lagi kalau urusan pribadi lu lancar, karir lu bagus tapi lu kurang good looking ya gapapa juga, bisa juga lu udah good looking, karirnya juga bagus dan urusan pribadi juga bagus tapi lu sering sakit sakitan atau selalu terganggu masalah kesehatan, bisa juga kan.

Sering terjadi seperti ini, lu ada uang tapi ga ada waktu, lu ada waktu tapi ga ada uang. Jadi intinya ga semua semua urusan lu lancar tinggal kalian berada di kondisi yang mana. Tapi ya harapannya semua urusan kita dilancarkan selalu aamiin. Aku selalu kembali dengan pemikiran gini, kita manusia tugasnya di dunia ini yang utama adalah Ibadah. Apapun permasalahan harus kembali kepada Allah SWT, hidup sudah ada yang ngatur hey.

A Relationship

Aku ga pernah main main soal relationship, makanya selama sekolah dari SD sampe kuliah ga mau pacaran, tapi tetep pernah suka sama cowok juga sih pas SMA cuma ga mau pacaran aja, pernah juga di taksir sama kakak tingkat ketua pramuka pas SMA sampe dia pernah main ke rumah aku, pernah di taksir juga sama cowok beda sekolah sampe pernah ketemuan juga dan dia tembak aku tapi aku ga terima, ini aku cuma ngomong fakta ya bukan sok kecakepan hahaha.

Ga mau pacaran di saat masih sekolah or kuliah ya karna pacaran semasa sekolah dengan kondisi mental kita yang masih labil ga akan jadi jangka panjang, aku ga suka hubungan yang sia sia makanya ntar mau pacaran pas udah kerja aja, karna niatnya mau pacaran buat langsung serius atau menikah, karna pacaran or menjalin relationship itu sungguh sangat menguras waktu, tenaga dan pikiran, jadi pas kerja lah saatnya yang pas buat pacaran karna udah dewasa, udah bisa cari duit sendiri, pacaran masih sekolah belum cukup financial, keadaan jiwa masih labil, sangu aja masih minta orang tua, ntar lu kalo mau traktir cewek lu pake duit orang tua gitu? Haha.

So, jadi makanya kalo pacaran pas sekolah bisa rentan putus nyambung juga nah aku kurang suka sama konsep ini, bayangin aja putus nyambung gini baik ga sih buat suatu hubungan? Hubungan ga stabil gini ntar pas nikah bisa-bisa sering bilang cerai, fenomena putus nyambung di dalam pacaran masih labil aku ga suka, karna niat aku hubungan serius itu ya harus dewasa, penyelesaian masalah dengan komunikasi bukan putus, pasangan yang putus nyambung itu masih kekanak kanakan, belum serius, belum berani mengkomunikasikan segala kebutuhan dan concern nya serta keluh kesahnya dengan baik, masih terlalu pengecut untuk face the problem & solve the problem, jadi yang di lakukan langsung kabur, buru buru menghilang atau langsung minta putus, langsung overthinking duluan, kalo malah dia tipe yang selalu diem kalo ada masalah or silent treatment sampe berhari hari karna merasa capek kalo ada masalah di omongin terus ya ga boleh gitu sih, menikah itu isinya 80% ngobrol or komunikasi, kalo dia belum apa apa udah capek buat mengkomunikasikan pemecahan masalah ya susah juga, emang masalah bisa kelar dengan diem dieman?. Boleh kok kalo ada masalah diem dulu biar kepala jadi dingin tapi ya udah langsung saling ngobrol lagi kaya, kemarin salah aku apa sama kamu? Apa yang buat km kemarin marah? Yauda yuk kita cari solusinya. Atau bisa jadi dia ada trauma di hubungan sebelumnya, mungkin ex nya selalu minta putus jadi gantian lah pasanganya ini di hubungan selanjutnya selalu yang minta putus, who knows?.

Contohnya dalam kasus gini :

Boy :  “Ahh dulu udah capek gue di putusin terus, dan gue selalu yang ngemis ngemis minta balikan, dah lah sekarang kalo gue ada masalah sama cewek gue ini yang sekarang, gue mau yang jadi Raja, gue yang mau berkuasa sekarang, gue mau mutusin cewek gue duluan biar dia ngemis ngemis minta balikan ke gue, gue mau liat effortnya dia gimana (dengan mode nantangin seperti ex nya dulu).”

And meanwhile si cewek :

Girl : “Kok aku di putusin terus ya, seminggu di putusin 2x dan bulan ini habis di putusin juga, salah aku apa sih sampe di putusin terus gini, aku ga pernah selingkuh, salah ngomong doang deh kayanya, dia salah paham kayanya, tapi kok sampe di putusin lagi ya, dia tuh cinta ga sih sama aku sebenernya, dia dulu di awal hubungan udah bilang serius sama aku, terus ini cara dia serius sama aku? Selalu di putusin terus tanpa tau alasannya apa, dulu aku udah sering fighting ke dia untuk tetep lanjutin hubungan ini, tapi lama lama kok capek ya, aku yang selalu fighting tapi dia yang selalu putusin aku terus, mau sampe kapan aku di putusin terus, harus berapa kali lagi aku diputusin, mana dia udah punya list seribu alasan kenapa aku pantes di putusin karna sikap aku, aku udah ga berani juga buat fighting lagi. Aku harus gimana?.”

Kalo masih sekedar di marahin, si cewek masih bisa terima, ini udah berulang kali di putusin, wajar cewek ini memutuskan untuk pamit karna sakit hati di putusin terus. Dan akhirnya mereka saling ga tau siapa yang salah, ini mah putus konyol sih, mirip kaya drama korea judulnya my beloved summer, pengennya happy ending kaya di dramanya.

Tapi misal nih pas si cewek fighting ngajak balikan, si cowoknya seneng langsung bilang makasih ya udah mau fighting buat aku, aku pengen kamu jadi istri aku, dia merasa senang karna si cewek masih mau fighting, si cowok senang karna merasa ada perasaan dicintai, seketika rasa cinta cowok ke cewek nya ini langsung naik, langsung mau tau seminggu ga komunikasi si cowok ini langsung tanya ke ceweknya seminggu kemarin ngapain aja, kemana aja dll.

So, sebenernya si cowok ini yang dia butuhkan itu perasaan dimana dia merasa di cintai, karna si ceweknya yang minta balikan, padahal ya sehari hari cewek ini juga cinta dengan cowoknya, si cowok ini butuh lebih banyak pembuktian kasih sayang dari ceweknya, cowoknya yang cinta banget sama ceweknya jadi sekali ceweknya ada salah si cowok ini kecewa berat, berasa dunia mau runtuh, berasa ga ada yang sayang dia lagi, berasa ga di hargai lagi, tapi masalahnya mau sampe kapan si cowok ini yang terus putusin ceweknya, ceweknya udah susah payah buat fighting tapi selalu si cowok ini terus yang putusin ceweknya. Lama lama ya ceweknya lelah juga kenapa selalu seperti ini terus. Hubungan tarik ulur kaya anak abege yang melelahkan, mirip mirip seperti yang sengaja menghilang supaya dicari, sengaja mutusin biar pengen di bujuk, a very childish relationship. Tolong dong kalo ada masalah yang di selesaiin itu MASALAHNYA, bukan HUBUNGANNYA.

Kalo prinsipnya ga suka ini langsung putus, ga suka itu langsung putus, kalo prinsip nya masih kaya gini ngapain ngajak serius? Ini pernyataan tergila yang pernah aku temuin di 2023 ini sih, ini mah belum bisa di bilang hubungan dewasa & serius, cowok ini berasa udah ga mau kalo ada masalah, kalo ga pengen ada masalah ya jangan punya hubungan, jomblo selamanya aja, atau cari cewek yang sempurna, udah paling bener itu.

Lama di hubungan santai dengan ex terus sekarang di hubungan serius kayanya emang ada ketakutan tersendiri, langsung jadi merasa beban dan takut kalo ada masalah dan ketika ada masalah muncul yang ga bisa di handle, dia takut berakhir cerai, padahal proses cerai itu aja ada sistem mediasinya juga, ga serta merta ketok palu langsung cerai. Ada yang namanya problem solving, curhat ke psikolog, curhat sama orang or temen yang lebih dewasa (yang udah lebih berpengalaman dalam rumah tangga), komunikasi & di bicarain baik baik dulu, ngomong woy ngomong, jangan malah silent treatment terus. Begitu banyak solusi buat pemecahan masalah, yang ada hanya kamunya aja yang udah males buat memperjuangkan.

Ga menghargai pasangan solusinya ya harus saling lebih menghargai lagi kedepannya bukan putus, solusi salah paham ya ketemu, hadapi masalah secara gentle, terus ketemuan saling mengutarakan maksud yang sebenernya dari masing-masing pihak, kontrol ego, ada sikap pasangan yang ga di suka ya coba suruh berubah dengan ngomong baik-baik, namanya mengubah sikap/sifat/karakter orang ya pelan-pelan ga bisa instan tetep butuh waktu, dan bukan putus solusinya, semua rumah tangga pasti ada aja masalahnya makanya modal cinta doang ga cukup, tapi mental juga harus stabil, harus bisa dewasa, kecuali menikah ada yang KDRT atau selingkuh ya wajar itu cerai. Semua keputusan hidup ada resikonya. Single selamanya ada resikonya, menikah & tidak menikah juga ada resikonya.

Yessy tahun 2014

Aku jadi pengen balik ke Yessi di tahun 2014 alsannya adalah karna Yessi di tahun ini masih pure banget, positive vibes, ceria, karna baru lulus kuliah semangat buat kerja di Jakarta masih on fire banget, belum ketemu orang-orang toxic or suka nyinyir. Kalo baca blog aku yang lain udah pernah aku ceritain kalo aku lulus tahun 2013 dan merantau ke Jakarta April 2014. Pertama kali kerja di Jakarta masih banyak temen dari Lampung, masih suka jalan-jalan tiap weekend, mental health masih belum ancur ancuran kaya sekarang haha.

And the fact is aku baru pertama kali pacaran itu di tahun 2014 dan dalam relationship tersebut aku bertemu pasangan yang baik, he have a kind heart, pure juga sama kaya aku, di hubungan juga selalu positive vibes, ga pernah tuh ada history aku ngomong kasar ke dia, ngomong bacot, tai, anying dll ke dia ga pernah, saling respect banget deh pokoknya, dia cowok terlurus yang pernah aku kenal, bener-bener buat aku bisa jadi diri sendiri, nah karna semua hal ini yang buat aku jadi pengen jadi Yessi tahun 2014 secara mental, karna masih pure banget belum terpapar radikal bebas kaya sekarang haha. Yessi sekarang jadi makin murung, temen udah ga banyak, pengen gitu punya seseorang yang bener-bener bisa aku andalkan, belum urusan kerja & kontrakan juga, itu yang perlahan membuat Yessi jadi makin keras sama hidup, makin sering sakit pinggang karna udah tua, menjadi pribadi yang makin strong or very tough, makin mandiri karna keadaan juga, relationship sama orang bukannya makin dewasa malah makin drama, ternyata ini alasan kenapa rata rata cewek sukanya sama cowok yang lebih tua, karna cowok yang lebih tua biasanya bisa lebih dewasa, lebih sabar, mengayomi, membimbing si cewek, dan secara ego juga jauh lebih stabil, lebih bertanggung jawab, kan secara dia bakal nge-lead istrinya pas menikah dan jadi kepala rumah tangga harusnya bisa lebih stabil dalam menjalani hubungan, ibaratnya dia itu nanti bakal jadi kapten di rumah tangga, kalo kaptennya masih ga stabil, ya gimana ntar sama istrinya, kapten nya kan si cowoknya, si cewek ya ngikutin kapten nya dong.

Tapi kadang cowok yang lebih tua biasanya banyak nuntut, sangat patriarki, tipe tipe yang maunya istrinya di rumah aja ga boleh kerja karna harus urus anak & maunya di layani terus. Intinya mau lebih tua or lebih muda, lebih penting dia harus bisa lebih dewasa.

Saya pernah tanya ke salah satu cowok perihal siapa sih yang harusnya lebih dewasa dalam suatu hubungan, udah pasti harus dua duanya yang saling dewasa tapi misal kalau di suruh pilih salah satunya, siapa sih yang harusnya  lebih dewasa? Cowok atau cewek? Terus temen aku yang cowok bilang gini : 

So, kayanya lebih penting bagi wanita untuk punya pria yang lebih dewasa, karna wanita yang seumuran dengan pria aja biasanya lebih dewasa si wanitanya, apalagi kalo wanita relationship sama pria yang lebih muda? Wanitanya yang akan lebih banyak ngemong/ngebimbing si prianya.

2023

I just wanna be happy, living life, miss my mom and my family. Tetep semangat buat kerja karna masih ada shopee paylater yang harus di bayar haha. Always grateful for everything.

Leave a comment